Selasa, 11 Agustus 2009

Berdakwah lewat blog

Internet menjelma menjadi media baru untuk memasarkan apapun yang ingin kita sebarkan. Dari promosi barang samapai promosi ide, internet memberikan kecepatan yang luar biasa
Tentu saja ini menjadi kesempatan besar yang sayang untuk dilewatkan, sarana ini harus dimanfaatkan untuk meraih tujuan. Para pengembang dakwah harusnya melihat kesempatan ini. Dan ini harus segera dimanfaatkan terutama bagi mereka yang diberikan reski dengan bersentuhan dengan internet.

Ada banyak fasilitas internet yang dapat dipakai untuk berdakwah misalkan via email, Facebook, YM, dan lain sebagainya. Salah satu yang memiliki potensi besar adalah aktifitas bloging. Proses pembuatannya sangat sederhana tapi mempunyai efek yang sangat luar biasa.
Ada bayak penyedia layanan blog gratis yang tersebar di internet, salah satunya yang paling terkenal adalah blogger.com. dengan mudah dapat mendaftar dan dengan sekejap blog sudah jadi, tinggal kita isi dengan tulisan (cara mendaftarnya dapat dilihat disini). Anda dapat mengisinya dengan artikel, gambar, fto foto, video, ataupun promosi kegiatan, sharing dukumen, dll.

Sebagai pembanding, blog yang sudah ramai dapat memperoleh pengunjung antara 100 sampai 3000 pengunjung/hari. Bayngkan nilai dakwah yang dapat terjadi. Jika ada 100 blog dengan jumlah pengunjung yang sama, maka ide ide islam akan semakin cepat tersebar.
Bayak orang jika sedang mencari inspirasi, maka ia akan berselancar didunia internet. Dan orang orang itu akan menjadi sasaran yang empuk untuk didakwahi. Selan itu anda dapat mempromosikan agenda agenda dakwah, sehingga berpeluang untuk menjaring massa pada hari H.

Kenggulan lain dengan membuat blog yaitu data akan tersimpan selamanya, dan dapat dilihat oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun dia berada. Data data tulisan yang kita simpan di blog bagaikan Virus, dalam artian dia akan menyebar kesekitarnya. Ketika anda menulis sebuah artikel dengan cara biasa paling banter mampu dibaca oleh 100 orang, tapi ketika anda menyimpan dalam blog calon pembacanya menjadi tak terbatas.
Dengan adanya blog yang dibuat oleh seorang pengembang dakwah, dia akan merasa termotivasi untuk terus menerus menulis. Hal ini akan semakin mengasah tsaqafah dak keahlian pengembang dakwah tersebut.

Aktifitas bloging sangat potensial ditambah dengan prospek masa depan dunia internet, yang akan menjaring jutaan pengguna baru tiap tahunnya. Tiap rumah mulai berlombah untuk terkoneksi dengan internet. Jadi mungkin saja ada orang nantinya yang susah disadarkan dengan berbagai ajakan kita, tiba tiba diberi hhidayah dengan tulisan tulisan kita diblog.
Demikianlah, Apalagi dengan melihat fenomena sekarang dimana banyak pengembang dakwah yang terlena dengan aktifitas facebook. Banyak yang menggunakan internet dengan sia-sia. Jika mereka semua memiliki Blog serta serius dalam pengelolaannya, maka hal ini akan sangat berguna.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 

asal pengunjung

mybloglog

asal pengunjung

free counters

renungan islam Copyright © 2009 Community is Designed by Bie